Anda sutradaranya!

ID-100202799[image courtesy of [stockimages] / FreeDigitalPhotos.net]

Anda mungkin bertanya, sutradara apa? Sutradara untuk hidup anda, termasuk untuk penanganan penyakit anda. Anda perlu berperan dalam penanganan penyakit anda, kendali ada di tangan anda. Penanganan untuk penyakit kronik perlu direncanakan dengan baik. Sebabnya adalah karena anda akan perlu mengonsumsi obat-obatan jangka panjang serta anda tentu ingin dapat merencanakan hidup anda diluar penyakit anda. Anda akan menemui dokter anda berkali-kali, melakukan pemeriksaan berulang-ulang, mencoba berbagai macam obat atau terapi, menyesuaikan lagi keseharian anda dengan setiap perubahan kondisi anda. Karena ini adalah film tentang anda, ini adalah hidup anda maka anda harus tetap yang menjadi pemegang kendali, bukan penyakit anda, bukan dokter anda, dan bukan obat-obatan anda, tetapi ANDA!

Sutradara yang baik adalah sutradara dengan wawasan yang luas serta berpikiran terbuka dan positif. Seseorang yang mau menerima masukan namun dapat menilainya dengan bijaksana. Seseorang yang mempunyai kemampuan komunikasi yang baik serta rajin untuk terus belajar dan mencari informasi-informasi terbaru yang dapat membuat film yang disutradarainya lebih berkualitas. Seorang sutradara yang baik adalah orang yang dapat memonitor keadaan dan kondisi dengan baik serta mengatur hubungan yang baik antara oknum-oknum lain yang terlibat dalam proses pembuatan filmnya. Selain itu juga, seseorang yang menjadi tempat bertanya mengenai filmnya dan menjadi penentu keputusan yang tegas dan bertanggung jawab. Seorang sutradara yang baik harus memliki kemampuan kerja sama yang baik serta dapat menguasai keadaan jika terjadi hal-hal yang tidak disangka. Seseorang yang memiliki pandangan dan rencana kedepan dan rencana cadangan.

Seseorang yang menderita penyakit kronik seperti penyakit autoimun akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Namun bukan berarti orang lain yang mengendalikan hidup anda. Dalam penanganan penyakit anda, carilah dokter yang cocok dengan anda, yang anda merasa nyaman dengannya, yang mengerti kondisi anda dengan baik dan mempunyai kompetensi untuk memberikan terapi yang sesuai dengan anda. Seorang dokter yang mau berkomunikasi dan berdiskusi dengan anda mengenai penanganan penyakit anda. Seorang dokter yang mau bekerjasama dengan anda untuk mendapatkan obat dan terapi yang cocok dengan anda. Bukalah wawasan anda, pelajarilah dan kenalilah penyakit anda. Kenalilah badan anda, dengarkan dan perhatikan badan anda, dengarkan kebutuhan dan protesnya. Berusahalah menghargai orang-orang terdekat anda dan bukalah diri anda untuk membuat mereka mengerti dengan kondisi anda dan mendiskusikan apa yang bisa mereka lakukan untuk anda. Kenalilah teman-teman sejati anda, jagalah hubungan pertemanan dengan teman yang mau dan bisa mengerti anda. Hidup dengan penyakit autoimun sudah banyak menguras energi anda, maka janganlah persulit hidup anda dengan orang-orang yang tidak bisa menghargai anda dan tidak mau mengerti anda. Seseorang tidak bisa mengatur pikiran dan perasaan serta tindakan orang lain, namun bisa mengatur pikiran, perasaan dan tindakan sendiri. Orang lain tidak bisa mengendalikan anda atau menjatuhkan anda jika anda tidak membiarkannya.

Tidak ada yang mengatakan bahwa peran yang anda mainkan ini mudah, namun Tuhan selalu ada jika anda membutuhkan bantuan-Nya. Dengan berlatih, semakin lama anda akan semakin lihai. Ketika di awal dan dalam perjalanannya, tidak ada salahnya anda meminta bantuan pada orang yang anda percaya, namun keputusan akhir ada di tangan anda dan tanggung jawab adalah milik anda. Belajarlah menjadi seseorang yang dewasa dan bertanggung jawab, karakter anda akan menjadi lebih kuat sehingga lebih mudah bagi anda untuk memegang kendali. Anda yang mengetahui batas-batas kemampuan anda maka yang dapat menyesuaikan hidup anda dengan baik hanyalah anda sendiri. Jadilah sutradara dan advokat untuk anda sendiri. Berjuanglah untuk hak-hak anda dan jalankanlah kewajiban anda. Hiduplah dengan keseimbangan. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri anda untuk hal-hal yang tidak terduga. Hidup penuh dengan tantangan dan cobaan. Maka siapkan diri anda sebaik yang anda bisa untuk datangnya hal-hal yang tidak terduga. Pikirkan tidak hanya satu atau dua tapi hingga sepuluh langkah kedepan.

Jika anda cukup menghargai diri anda, maka anda tahu bahwa anda berhak mendapatkan yang terbaik untuk anda, maka berikanlah yang terbaik untuk anda menurut anda. Anda dapat membantu diri anda untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik untuk anda.

Salam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s