Benarkah anda stress?

MH900431223Makna stress bukan hanya stress psikologis namun juga termasuk stress fisik. Stress yang akan saya bahas di post ini adalah stress psikologis. Tidak asing lagi di telinga seorang penderita penyakit autoimun mendengar komentar mengenai pengaruh stress pada penyakitnya, apalagi di awal perjalanan penyakitnya ketika penyakitnya belum begitu khas. Apakah memang betul keluhan yang penderita alami adalah hanya karena penderita mengalami stress? Apakah memang stress mempunyai dampak yang besar pada perjalanan penyakit penderita? Komentar-komentar tersebut pada akhirnya memunculkan stress baru pada penderita karena meskipun semua orang mengerti apa itu stress psikologis namun belum tentu semua orang mengerti bagaimana caranya menangani stress. Tidak jarang saya mendapatkan komentar ‘Jangan stress’, saya selalu berpikir, ‘baiklah’, tapi kemudian dalam pikiran saya muncul pertanyaan, ‘lalu…bagaimana caranya ya supaya tidak stress? Dan jika memang saya stress bagaimana caranya ya saya bisa menanganinya?’ Dalam post ini saya akan membahas mengenai pengaruh stress pada penyakit autoimun, serta dampak stress pada kesehatan fisik seseorang secara umum. Selain itu, post ini juga akan membahas mengenai beberapa teknik yang bisa membantu mengontrol stress.

MH900309139Stress adalah bagian besar dalam hidup setiap orang, sangat sulit dihindari. Yang membedakan antar tiap orang adalah kemampuan masing-masing untuk mengontrolnya. Beberapa orang merasa lebih sulit mengontrol stress dibandingkan beberapa orang lainnya sehingga orang-orang tersebut membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu mengontrol stressnya. Tidak perlu terlalu pelik dalam pemikiran apakah saya ini psikosomatis, yaitu mengalami gejala fisik yang didasari atas kesulitan untuk mengontrol atau beradaptasi terhadap stress, ataukah saya ini memiliki penyakit objektif bermakna yang diberatkan oleh stress. Setiap orang pasti menghadapi stress meskipun besarannya bervariasi. Pemikiran umum masyarakat yang perlu diubah adalah stigma terhadap stress. Stress memang bisa menganggu kehidupan seseorang, namun stress juga adalah sebuah motivator. Makanya adalah tergantung bagaimana kemampuan manajemen stress seseorang, bagaimana mengontrolnya, bagaimana beradaptasi dengannya sehingga bisa justru menjadi senjata kuat untuk membuahkan kinerja atau sesuatu yang positif dan bermanfaat. Oleh karena itu, yang sesungguhnya perlu menjadi pertimbangan setiap individu terlepas dari dia sakit atau tidak adalah apakah sudah memiliki SKILL, keahlian manajemen stress yang baik? Jika tidak, ada berbagai cara untuk mempelajarinya yaitu melalui internet, buku, atau mengikuti kursus atau bisa ke psikolog. Setelah itu tidak cukup hanya tahu, anda butuh PRACTICE, latihan, karena keahlian tidak terbentuk dalam sehari, butuh latihan. Manajemen stress sebaiknya menjadi keahlian setiap individu yang mulai dipupuk perlahan-lahan dari kecil sehingga terbentuk pribadi-pribadi dengan karakter yang kuat.

MH900448596Tidak ada yang salah dengan psikosomatis, karena keluhan-keluhan yang anda alami adalah nyata adanya meskipun secara obyektif tidak menunjukkan suatu gangguan yang bermakna. Keluhan-keluhan tersebut adalah tanda dari tubuh anda seperti alarm yang memberi tahu anda bahwa anda butuh rehat, bahwa fisik atau mental anda atau keduanya sudah kelelahan, mereka butuh waktu dan istirahat untuk memulihkan dirinya kembali. Jangan anda hiraukan alarm tersebut, karena jika terus anda hiraukan malah bisa menjadi suatu gangguan objektif yang serius. Jika sudah amat mengganggu jangan tunda untuk mencari bantuan profesional kepada psikolog atau psikiater. Negara barat sudah menyadari pentingnya hal ini, oleh karenanya sekarang sudah lebih strict peraturan mengenai jam kerja efektif seseorang, mengenai jumlah cuti minimal pekerja, dll. Badan anda, otak anda bisa lelah dan memerlukan juga waktu untuk beristirahat. Diantara waktu kerjapun, gunakan waktu untuk stretching, berdiri jika kerjaannya membutuhkan anda banyak duduk atau sebaliknya, menutup mata sejenak sambil menyandarkan kepala anda ke kursi sejenak, minum teh panas, sekitar sepuluh menit berapa kali dalam sehari tidaklah banyak. Jangan anda biarkan tubuh anda kerja rodi. Anda yang tahu kapan perlu rehatnya, jika mata sudah mulai perih, pikiran mulai mumet atau buntu, kepala mulai mau pusing atau sakit, leher atau bagian tubuh lain mulai pegal. Namun sebaiknya sebelum mulai muncul keluhan-keluhan tersebut anda sudah mengambil waktu untuk rehat, maka anda bisa mencoba mempelajari pola anda masing-masing. Hal ini akan membantu anda untuk bekerja dengan lebih efektif, mendidik anda berusaha mengatur waktu dan bekerja dengan lebih efisien sehingga dapat membantu mengurangi stress anda.

Dalam hal penyakit autoimun, dapat terjadi siklus seperti lingkaran setan yang berputar. Hal ini diungkapkan oleh Stojanovich beserta rekan-rekannya. Mengapa? Menurut para ahli, pemicu penyakit autoimun meliputi berbagai faktor, diantaranya genetik, lingkungan, hormon, kekebalan tubuh, serta juga termasuk stress baik fisik maupun psikologis. Stress psikologis seperti apa? Stress kronik, stress lama yang tidak terkontrol atau tertangani dengan baik sehingga terus membebani dan sudah tidak sanggup lagi diterima oleh individu tersebut. Penyakit autoimunnya sendiri pada akhirnya akan memberikan dampak pada penderitanya baik dampak fisik maupun juga psikologis, hingga akhirnya timbul stress kronik baru pada penderitanya. Hal ini akan semakin memberatkan kondisi penderita dan jika tidak tertangani akan menjadi ‘siklus setan’ yang semakin lama semakin memberatkan kondisi penderita. Stress psikologis bukan hanya faktor satu-satunya dan tidak bisa saya katakan adalah faktor utama pemicu dan pemberat penyakit autoimun, namun adalah salah satu faktor penting yang patut mendapatkan perhatian yang serius dalam penanganan penyakit autoimun seorang penderita untuk menghentikan siklus yang memberatkan tersebut. [1]

MH900448360Terdapat berbagai macam cara yang tersedia, yang disarankan untuk membantu seseorang melakukan manajemen stress. Cara yang umum diketahui tentunya adalah dengan belajar kepada seorang profesional, seperti seorang psikolog. Namun jika tingkat stress anda masih anda rasakan tidak begitu mengganggu, anda merasa masih bisa sedikit banyak mengatasinya, namun merasa butuh mendapatkan ilmu tambahan supaya lebih ahli atau tingkat stress anda masih rendah dan anda ingin mendapatkan keahlian manajemen stress maka banyak ditawarkan kursus-kursus atau buku-buku untuk membantu anda. Disini saya akan membagi beberapa tips saja yang pernah diajarkan kepada saya yang mungkin dapat bermanfaat. Tiap orang dapat berbeda, tergantung mana yang cocok dengan individu masing-masing, maka anda bisa mencoba explore meskipun jangan lupa anda ingat untuk tetap smart dan bijaksana dalam memilih.

Metode untuk relaksasi sudah cukup umum diketahui masyarakat, seperti relaksasi dengan musik, relaksasi ke spa, atau lainnya. Anda sendiri yang menentukan mana yang terbaik, mana yang anda rasakan nyaman dan bermanfaat untuk anda. Ada tipe orang seperti saya yang merasakan relaks setelah pergi ke pantai atau ke puncak atau berlibur ke suatu tempat yang membuat hati merasa damai dan nyaman, melihat pemandangan atau mahakarya Tuhan yang luar biasa. Ada juga yang relaks setelah melakukan suatu hobi seperti memotret, melukis atau bermain musik. Bagi saya bermain alat musik dalam hal ini biola memberi saya ketenangan hati selain daripada relaksasi karena bisa membantu mengeluarkan emosi-emosi yang tersimpan. Atau jika anda orang yang sangat sosial, berkumpul dengan teman-teman terdekat, berbelanja ringan atau menonton bioskop misalnya mungkin juga bisa membantu. Apapun itu, berikanlah pada diri anda karena diri anda berharga.

Salam

REFERENCE

  1. Stojanovich L, Marisavljevich D. Stress as a trigger of autoimmune disease. Autoimmunity reviews, volume 7, issue 3. January 2008. Pages 209-213, ISSN 1568-9972. http://dx.doi.org/10.1016/j.autrev.2007.11.007.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s