Radang sendi (Arthritis)

ID-100159615Nyeri sendi adalah gejala dari beberapa penyakit autoimun. Oleh karenanya saya membuat post khusus untuk membahasnya. [image courtesy of [marin] / FreeDigitalPhotos.net]

Pertanyaan yang muncul dalam benak adalah apa yang menyebabkan nyeri sendi ini. Nyeri sendi pada penyakit autoimun disebabkan karena terjadinya peradangan pada sendi. Peradangan yang terjadi disebabkan oleh karena sistem kekebalan tubuh tertentu individu yang terkena menyerang jaringan sendi individu tersebut. Berbagai teori disampaikan mengenai mengapa ‘serangan’ ini terjadi, namun hingga sekarang belum ada yang disepakati bersama.

Semua sendi bisa kena, dari sendi besar seperti bahu, pergelangan tangan, lutut, atau pergelangan kaki sampai sendi kecil seperti sendi-sendi jari tangan. Namun yang khas pada penderita autoimun terutama pada Rheumatoid Arthritis adalah diantaranya:

– sendi yang menghubungkan jari-jari tangan ke tangan

– sendi tengah dari jari tangan

– pergelangan tangan

– sendi yang mengubungkan jari-jari kaki ke kaki

– pergelangan kaki

Pada awal perjalanan penyakit, umumnya dimulai dari nyeri dan/atau bengkak pada sendi-sendi tersebut. Selain itu, pada penyakit autoimun, terutamanya pada Rheumatoid Arthritis, sendi terkena secara simetris, maksudnya adalah sebagai contoh kedua pergelangan tangan akan nyeri dan/atau bengkak bukan hanya satu. Hal ini yang membedakannya dengan penyakit yang menyerang sendi lainnya seperti yang umum pada orang usia lanjut yaitu osteoarthritis.

IMG_1859

Yang terjadi pada sendi ketika diserang adalah peradangan sehingga sendi dapat terasa nyeri, bengkak, merah dan panas. Itu adalah tanda-tanda terjadinya peradangan. Pada Rheumatoid Arthritis peradangan yang terjadi lebih dalam daripada pada penyakit autoimun sistemik lainnya seperti Lupus, Sjogren’s syndrome, sehingga kerusakan yang terjadi lebih berat. Gejala tambahan yang muncul dan mengganggu adalah kekakuan. Selain itu seiring dengan waktu jika terus dibiarkan tanpa penanganan maka akan terjadi kerusakan permanen yang menyebabkan jari-jari tangan menjadi bengkok. Ya, kerusakannya adalah permanen maka jika sudah terjadi tidak dapat lagi diperbaiki. Maka itulah pentingnya penanganan awal pada penderita Rheumatoid Arthritis, salah satunya untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen tersebut.

Apa yang bisa dilakukan jika nyeri sendi menyerang? Banyak yang merasa terbantu dengan merendamkannya dalam air hangat. Jika banyak sendi yang terkena, maka akan membantu jika mandi air hangat atau berendam dalam air hangat. Kekakuan dan nyeri umumnya akan terasa berkurang. Ada juga yang mengompresnya dengan bantal hangat. Selain itu, ada juga yang menggunakan sarung tangan khusus yang dirasakan dapat mengurangi nyeri yang muncul.

Salam

Advertisements

7 thoughts on “Radang sendi (Arthritis)

  1. Salam kenal mba andini,

    Akhirnya ketemu dengan dokter blog yg benar2 memahami penyakit autoimun, setelah membaca majalah femina terbaru… mudah2an tambah banyak info yang bisa diperoleh dari mba andini salah seorang yang mengalami penyakit ini sekaligus dokter spesialisnya. Thank you mba…

  2. Dear mba Dini,

    Apakah radang sendi yg dirasakan dapat berpindah tempat dlm beberapa hari?
    Kemudian apakah radang sendi yg dirasakan bisa hilang timbul? Itu yg sy rasakan ttg radang sendi saya.

    • Mohon maaf saya belum sempat melanjutkan merampungkan beberapa post dalam blog ini, akan saya usahakan untuk kembali mengisinya begitu ada Kesempatan ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s