Sering sakit kepala?

ID-100173634[image courtesy of [marin] / FreeDigitalPhotos.net]

Sakit kepala jangan disamakan dengan pusing. Pusing merupakan istilah untuk kepala yang terasa ringan atau sensasi rasa goyang atau berputar. Sakit kepala sangat umum dirasakan oleh semua orang. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang merasa sakit kepala. Namun pada post ini saya akan membahas mengenai sakit kepala pada penderita penyakit autoimun. Adakah hubungannya?

Sakit kepala yang umumnya disampaikan dirasakan oleh penderita penyakit autoimun diantaranya adalah sakit kepala yang menekan satu kepala hingga terkadang mata terasa seperti akan keluar, atau sakit kepala seperti rasanya kepala buntu, atau rasa kepala beku seperti sensasi habis makan es krim terlalu cepat. Di luar negeri dikenal dengan istilah brain fog. Hal ini juga membuat penderita menjadi sering lupa dan sulit fokus atau berkonsentrasi. Gejala sakit kepala ini umumnya lebih dirasakan oleh para penderita penyakit autoimun sistemik (Lupus, Rheumatoid Arthritis, Sjogren’s syndrome, dll).

Apakah yang menyebabkan terjadinya sakit kepala tersebut pada penderita penyakit autoimun? Belum ada yang dapat benar menjelaskan mengapa. Namun beberapa kemungkinan diungkapkan, dapat karena terjadinya peradangan pada jaringan di otak yang tidak terlalu besar untuk dapat dideteksi namun sudah menimbulkan gangguan. Kemungkinan lain adalah dampak penyakitnya sebagai salah satu komplikasi penyakit autoimun. Peradangan di tubuh dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah baik parsial (sebagian) ataupun total. Jika sudah total di pembuluh darah otak maka akan terjadi stroke. Memang beberapa penelitian telah mengungkapkan risiko stroke yang meningkat pada penderita penyakit autoimun sistemik. Penyumbatan di pembuluh darah yang parsial sendiri sudah dapat menyebabkan gangguan pada penderita karena akan mengganggu aliran darah ke daerah yang dituju termasuk otak. Jaringan yang dituju akan kekurangan zat gizi serta oksigenasi. Hal ini yang menyebabkan munculnya beberapa gejala-gejala tambahan pada penderita, yang pada otak bermanifestasi sakit kepala, tidak jarang juga pusing.

Selain karena peradangan, darah kental juga dapat karena penyakit autoimun yang dinamakan Antiphospholipid Syndrome (APS). Pada penderita APS, sistem kekebalan tubuh menyerang phospholipid atau lemak yang terdapat pada membran sel termasuk sel darah dan pembuluh darah. Penyerangan ini menyebabkan kerusakan pada sel sehingga sel darah menjadi saling menyatu seperti pada pembekuan darah. Hal ini menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang juga dapat parsial ataupun total. Tidak jarang, seorang penderita penyakit autoimun akan menderita lebih dari satu penyakit autoimun, terutama bagi para penderita penyakit autoimun sistemik. Maka dapat saja, gejala sakit kepala yang dirasakan adalah karena juga mengidap penyakit APS ini, umumnya pada para penderita Lupus. Tapi APS ini juga dapat diderita sendiri, tidak dengan penyakit autoimun lain.

Komplikasi lain yang dapat terjadi adalah DIC kronik atau subakut. Kondisi ini dapat terpicu karena adanya inflamasi sistemik pada tubuh. Terjadi kaskade komplikasi yang akhirnya memunculkan kondisi ini. Pada kondisi ini, terjadi pembekuan darah yang harusnya tidak terjadi. Pada akhirnya juga dapat menyebabkan penyumbatan baik parsial maupun total pada pembuluh darah.

Jika anda adalah seorang penderita penyakit autoimun yang sering mengalami gejala sakit kepala atau pusing, maka sebaiknya mengungkapkan untuk mendiskusikannya dengan dokter yang menangani anda supaya dapat ditelusuri lebih lanjut kemungkinan penyebabnya dan untuk pencegahan terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Salam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s