Terganggukah tidur anda?

sleep

Tidur bagi dunia kedokteran masih adalah sebuah misteri. Namun yang pasti adalah bahwa tidur adalah sangat penting bagi manusia. Ketika tidur, tubuh beristirahat, dan berbagai reaksi-reaksi dalam tubuh terjadi untuk mengembalikan ketahanan dan keseimbangan tubuh setelah digunakan untuk beraktifitas pada pagi, siang dan sore harinya. Tidur yang lebih penting bukan lamanya namun adalah kualitasnya. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik bagi sebagian orang adalah sulit, karena berbagai penyebab. Bagi seorang penderita penyakit autoimun, tidur adalah salah satu yang umumnya terganggu. Umumnya penderita penyakit autoimun tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, sehingga bangun tidur masih terasa lelah dan seperti tidak atau kurang tidur.

Mengapa hal ini terjadi pada penderita penyakit autoimun? Ada beberapa teori. Ada yang mengatakan hubungannya dengan nyeri yang dirasakan oleh para penderita penyakit autoimun. Sensasi nyeri yang dirasakan membuat tidur menjadi terganggu. Namun tanpa nyeri pun seorang penderita penyakit autoimun tetap dapat terganggu tidurnya. Didapatkan juga dalam beberapa penelitian bahwa autoimunitas menyerang juga protein-protein yang terkait dengan proses tidur. Hal ini menyebabkan tidur menjadi terganggu. Maka hal ini adalah kaitan langsung penyakit autoimun dengan tidur. Selain itu, penyakit autoimun adalah penyakit yang kronik sehingga dapat meningkatkan stress pada penderitanya hingga penderita dapat jatuh dalam depresi. Jika sudah terjadi depresi maka tidur pun dapat terganggu.

Apakah ada cara untuk mengurangi gangguan tidur yang terjadi? Ada beberapa cara yang dapat dicoba yang disarankan oleh para ahli. Tubuh kita mengenal rutinitas, maka ada perlunya kita untuk menyetting rutinitas-rutinitas penting tertentu dalam tubuh kita. Dengan adanya rutinitas yang tersetting dengan teratur maka akan memudahkan tubuh untuk mengatur segala regulasi dan keseimbangan dalam tubuh. Rutinitas untuk tidur yang dimaksud adalah:

– Membuat set waktu tidur yang sama untuk tiap hari kerja dan hari sabtu-minggu. Tidurlah dan bangunlah pada jam-jam yang sama tiap harinya, jika bisa tiap hari lebih baik, jika tidak aturlah untuk hari kerja dan hari sabtu-minggu berbeda sesuai aktivitas masing-masing. Namun tiap hari kerja sama, dan tiap hari sabtu-minggu sama. Untuk awalnya bisa dengan memasang alarm untuk membantu membangunkan, namun gunakan alarm yang ringan bunyinya, yang perlahan-lahan meningkat volumenya. Gunakan lagu yang lembut. Jangan mengagetkan diri dalam membangunkan diri karena tidak akan baik untuk adrenal anda. Tubuh perlu dibangunkan dengan lembut dan perlahan. Salah satu cara bangun dengan alami yang mungkin dapat dicoba adalah dengan menepuk bantal sebelum tidur dan menyebutkan dengan tegas jam yang diingankan untuk bangun. Hal ini akan memberikan sugesti kepada otak untuk bangun pada jam yang ditentukan. Hal ini jika saya tidak sedang sangat lelah dapat berhasil.

– Buatlah rutinitas sebelum tidur yang sama. Sebaiknya makan 3-4 jam sebelum tidur, dapat minum susu hangat sebelum tidur untuk membantu tidur. Sejam sebelum tidur jauhkanlah diri dari segala teknologi (hp, ipad, tv, laptop, dll) dan relaks-kan pikiran dan tubuh anda, dengan berbaring atau berendam. Asosiasikan tempat tidur anda hanya untuk tidur. Jangan gunakan tempat tidur anda untuk tempat kerja anda. Gunakan baju yang nyaman, bantal yang nyaman dan kasur yang nyaman.

– Buatlah rutinitas bangun tidur yang sama. Minum segelas air putih hangat setiap bangun pagi. Kemudian berikan waktu 30 menit untuk badan menyesuaikan diri dengan bangun sebelum benar-benar ‘bangun’. Tetaplah berbaring dahulu selama 15 menit pertama, setelah itu dapat membaca kitab suci atau lainnya sambil berbaring pada 15 menit berikutnya. Setelah itu baru benar-benar ‘bangun’.

Semoga dengan menyetting rutinitas tidur anda, maka tidur anda akan membaik.

Salam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s