Kemana perginya energi anda?

ID-100132647[image courtesy of [sira anamwong] / FreeDigitalPhotos.net]

Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita penyakit autoimun yang menyebabkan disabilitas adalah fatigue. Apakah itu fatigue? Fatigue adalah suatu gejala yang berupa rasa seperti tidak ada energi, rasa sangat lelah seperti habis beraktivitas atau berolahraga berat padahal tidak, rasa sangat kecapekan. Masih banyak teori yang berusaha untuk menjelaskan mengenai gejala ini, namun belum ada yang disepakati bersama. Saya sendiri ketika mengemban pendidikan S2 saya ke Inggris, proyeknya adalah mengenai fatigue ini. Ada yang menghubungkannya dengan proses imunitas (kekebalan tubuh) yang menyerang langsung ke otak dan membuat menjadi fatigue. Hasil penelitian saya mendapatkan adanya kemungkinan prosesnya terjadi secara tidak langsung sebagai reaksi tubuh akibat ketidakseimbangan yang terjadi pada tubuh karena penyerangan imunitas kepada tubuh. Namun apapun teorinya, fatigue adalah gejala yang sangat mengganggu karena membuat tidak dapat melakukan aktivitas sebagaimana biasanya sehari-hari.

Yang menjadi penting untuk mengenali gejala ini adalah karena gejala ini sering disalahartikan oleh orang sekitar penderita sebagai malas atau mencari perhatian. Penyakit autoimun adalah penyakit yang kronik, oleh karenanya gejala yang ditimbulkannya juga bersifat kronik. Fatigue yang muncul tidak hanya bertahan satu-dua hari atau seminggu tapi bisa bulanan hingga menahun  dengan ada fluktuatifnya. Seiring dengan perjalanan penyakit, gejala ini dapat hilang timbul, makin berat atau makin ringan, tiap orang dapat berbeda-beda. Namun dari penelitian saya dan beberapa penelitian lain, didapatkan gejala fatigue ini tidak berhubungan dengan progresifitas penyakit, atau dengan kata lain, jika semakin berat penyakit maka belum tentu gejala fatigue ini akan memberat juga.

Jika datang gejala fatigue ini yang cukup berat, maka penderita akan merasa hanya ingin beristirahat dan tidak banyak beraktifitas. Suatu kondisi yang mirip dengan gejala fatigue pada penderita penyakit autoimun ada yang dikenal dengan CFS, yaitu Chronic Fatigue Syndrome, suatu kondisi berupa gejala fatigue kronik yang dikatakan akibat sebelumnya terkena infeksi virus. Jika kita terkena flu, kita akan merasakan gejala fatigue ini, nah pada pendertia CFS ini, setelah infeksi virusnya hilang, gejala fatiguenya tinggal. Para ahli CFS banyak yang menyarankan cara untuk menghilangkan kondisi fatigue ini adalah dengan berolahraga. Tentunya dimulai dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu dan bertahap waktu singkat dulu baru dari hari ke hari mulai lebih lama waktunya. Maka justru ketika fatigue menyerang sebaiknya tidak diladeni dengan mengistirahatkan diri namun dengan menggerakkan anggota tubuh kita untuk mulai secara bertahap berolahraga.

Bagaimana dengan penderita penyakit autoimun? Bukankah tidak boleh kecapekan? Bedakan capek ketika kita melewati batas rambu-rambu kita dengan capek karena gejala fatigue. Jika anda beraktivitas berlebih yang ‘diizinkan’ penyakit anda, maka anda akan kecapekan dan hal ini dapat membuat penyakit anda memarak. Jika hal ini terjadi yang anda perlu lakukan adalah beristirahat, Jika anda beraktivitas dan kecapekan anda mesti beristirahat. Namun jika anda tidak sedang beraktivitas, atau hanya aktivitas ringan dan rasa capek sangat menyerang maka anda sedang diserang gejala fatigue. Ketika ini terjadi, maka anda perlu untuk tetap bergerak, jangan tambah mengistirahatkan diri, karena akan menambah berat gejala fatigue anda. Namun tentunya ‘bergerak’nya anda masih harus dalam rambu-rambu batas diri anda yang di’izinkan’ oleh penyakit anda. Mulainya bergerak yang ringan dahulu lalu secara bertahap bergerak yang lebih banyak dan lama. Olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki atau berenang di kolam renang air hangat dapat membantu untuk selain meringankan gejala fatigue juga meringankan gejala nyeri akibat penyakit autoimun.

Salam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s