Meringankan gejala

0009475781W-849x565Anda sudah mengonsumsi obat-obatan anda namun anda masih merasa badan kurang enak. Beberapa gejala anda belum tertangani dan mengganggu sehari-hari anda. Adakah penanganan tambahan yang bisa anda coba untuk membantu meringankan gejala anda? Anda mungkin telah mencari dan mencoba sendiri beberapa. Yang penting anda ingat adalah bahwa anda perlu bijaksana dan smart dalam menilai dan mencoba suatu penawaran. Pelajarilah lebih dulu. Jangan mudah percaya dengan iklan. Selalu adalah baik untuk mengonsultasikan dan mendiskusikannya dengan dokter anda terlebih dahulu karena dokter andalah yang mengerti mengenai kondisi anda dan bisa memberikan masukan medis.

Saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin dapat anda coba untuk membantu meringankan gejala-gejala anda, terutama gejala nyeri, bermanfaat untuk saya barangkali dapat juga bermanfaat bagi anda, diluar dari obat-obatan. Diantaranya:

– Berendam air hangat atau hidroterapi

Air hangat dapat membantu meringankan terutama gejala nyeri pada penderita penyakit autoimun. Anda bisa berendam sekalian relaksasi, dengan ditemani musik lembut atau harum-haruman aromaterapi, untuk juga memberikan efek penenangan pada anda untuk mengurangi stress pada anda terutama jika anda masih aktif bekerja. Berendamlah sampai air mulai mendingin. Adalah baik dilakukan pada malam hari sebelum tidur, setelah anda beraktivitas, dan setelah anda sudah menjauhkan segala gadget teknologi dari diri anda sebelum tidur. Jika anda sudah lebih progresif penyakitnya, anda bisa coba mengikuti hidroterapi yaitu terapi air hangat dimana akan dimonitor, dibantu dan dievaluasi oleh seorang ahli. Salah satu yang menyediakan adalah di klinik dharma daya lestari di Mampang.

MH900448396

– Kompres hangat

Jika anda sedang mengalami nyeri lokal di sendi tertentu atau sedang bengkak di sendi tertentu anda bisa coba kompres hangat pada daerah tersebut. Sekarang ini ada dijual bantal-bantal dengan biji-biji didalamnya yang bisa dihangatkan di microwave dan dapat menjadi kompres hangat, atau dapat menggunakan kompres hangat dari air hangat.

– Berendam air garam/garam epsom

Jika kaki anda sedang meradang, bengkak, merah, nyeri, terasa panas, maka salah satu yang dari penelitian terbukti dapat membantu adalah dengan merendamnya dalam air garam. Gunakanlah air hangat, lalu masukkan satu/dua sendok makan garam, lalu aduk dengan kakinya hingga merata, lalu rendamlah hingga air mulai mendingin. Yang sering juga dan mulai populer digunakan adalah garam epsom, yang dikatakan dapat sebagai antiradang.

– Akupunktur

MH900217142

Akupunktur ini sudah cukup populer, dan sekarang sudah ada dokter spesialis akupunktur. Jika anda memutuskan untuk mencoba akupunktur maka pastikan pada ahlinya, pada dokter traditional chinese medicine (TCM) atau dokter spesialis akupunktur atau dokter dengan sertifikat lulus pelatihan akupunktur. Akupunktur ini dapat berhasil meringankan gejala asalkan tepat dan dilakukan oleh ahli yang tepat. Saya sendiri waktu awal perjalanan penyakit rutin akupunktur pada dokter TCM dan dengan dibantu diet yang ketat tanpa obat-obatan saya dapat mencapai remisi, namun karena kemudian saya tidak lagi menjaga makan, penyakit saya bangkit lagi dan sekarang setelah dengan berbagai komplikasi sudah tidak cukup hanya dengan akupunktur, perlu dibantu dengan obat-obatan.

– Gunakan bantalan leher

ID-10087872

Tidak jarang penderita penyakit autoimun mengeluhkan tegang leher, maka dapat dicoba menggunakan bantalan leher ketika tidur atau duduk, terutama ketika di mobil atau di pesawat untuk membantu meringankan rasa nyeri akibat leher yang tegang tersebut.

Diatas adalah beberapa tips yang mungkin dapat dicoba dan bermanfaat. Yang perlu untuk dihindari adalah massage/pijat. Jika dilakukan pemijatan umumnya penderita akan mengeluhkan gejalanya malah makin memberat. Pijat yang ringan, lembut masih baik namun sebaiknya hindari mencari pemijatan ke tempat-tempat pijat atau salon, karena biasanya pijatannya akan keras.

Salam

Advertisements

2 thoughts on “Meringankan gejala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s